Home / Kabar Desa / Pemdes Malasari Gelar Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2017

Pemdes Malasari Gelar Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2017

[Malasari-malasari.desa.id] Sesuai amanat Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa serta peraturan dan regulasi dibawahnya, Pemerintah Desa Malasari melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) Tahun 2016 untuk perencanaan tahun anggaran 2017, Jum’at (30/09/2016) di Aula Kantor Desa Malasari. Kegiatan dihadiri unsur Pemerintah Kecamatan Nanggung, Aparatur Pemerintah Desa Malasari, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Dusun, Petugas P3N, para perwakilan Lembaga Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Pengurus RT dan RW serta Pengurus BUMDesa. Hadir pula perwakilan dari PT Antam, PT Sariwangi dan PT Sinarmas serta para kepala sekolah SD se-Desa Malasari.
musrenbangdesmal-001
Pada sesi pembuka, Kades menghimbau warga desa Malasari agar meningkatkan partisipasi dalam berbagai sektor dan bidang pembangunan desa. “Maju mundurnya desa Malasari tergantung warga desanya. Yang lebih tahu kebutuhan warganya adalah warga dan pengurus RT-RW setempat. Untuk itu, melalui musrenbang ini, silakan diusulkan dan dimusyawarahkan prioritas apa yang bisa didanai desa melalui APBDesa,” jelas Kades. “Desa Malasari tahun 2016 mendapatkan serapan dana APBD Kabupaten cukup besar. 3,4 M untuk peningkatan Jalan Malasari-Nirmala dan 1,4 M untuk SAB. Ini merupakan hasil kerja bareng semua pihak,” imbuh Kades. “Kebutuhan SAB tahun 2017 insyaa Allah akan dituntaskan, karena selain desa kita, sumber daya air juga dibutuhkan oleh desa tetangga,” tambahnya.

Dari unsur pemerintahan kecamatan Nanggung, diwakili Sekretaris Kecamatan, Tirta Juwarta dan Kababinkamtibmas Wilayah Malasari, Gumilar. Menurut Tirta, RPJM Desa merupakan rujukan dalam kegiatan Musrenbang Desa. “Dari hasil musrenbang desa, nanti muncul skala prioritas pada masing-masing bidang. Jadi, musyawarah ini sebagai timbangrasa guna memunculkan skala prioritas mana yang disepakati,” tutur Tirta. Ia mengingatkan agar musrenbang disertai kelengkapan administrasi sebagai laporan yang akan disampaikan ke BPMPD melalaui Camat Nanggung. Gumilar, Kababinkamtibmas, menghimbau warga agar menghidupkan kembali siskamling dan tidak melibatkan diri dalam peredaran kendaraan “bodong” agar terhindar dari masalah hukum.
musrenbangdesmal-002
Pokok acara diisi dengan pemaparan laporan realisasi pembangunan fisik tahun 2016 yang disampaikan Sekretaris Desa, Sukandar. “Untuk anggaran tahun 2017, kita masih mengacu pada pagu anggaran tahun 2016, karena belum ada kejelasan pagu indikatif dari tingkat kabupaten,” jelasnya. Ia memaparkan rencana prioritas untuk tahun 2017 sesuai dengan RPJM Desa yang telah disepakati. Setelah pemaparan, ia mengajak peserta musyawarah memberikan komentar, saran dan pendapat dan dilanjutkan dengan diskusi serta pembahasan. E. Kusmayadi, perwakilan SDN Malasari 01 menyampaikan kondisi riil bangunan sekolah saat ini. Menurutnya, saat ini SDN Malasari memiliki 250 peserta didik, sedangkan sarana kelas kurang memadai dan perlu perehaban. Ia mengusulan supaya rehab ruang kelas yang direncanakan dua lantai bisa dijadikan prioritas bidang pendidikan. Ketua TP-PKK Desa Malasari, Siti Komaria, mengusulkan pembangunan gedung Posyandu. “Di Desa Malasari saat ini hanya memiliki 1 Posyandu. Kami mengusulkan supaya, minimal satu tahun sekali bisa terbangun 1 Posyandu,” tuturnya. Usulan lainnya disampaikan sejumlah peserta musyawarah. Diantara hal yang diusulkan antara lain : peningkatan pembangunan bidang pendidikan, khususnya pendirian PAUD dan insentif guru PAUD, pembuatan MCK komunal, saluran irigasi untuk kebutuhan pertanian, peningkatan jalan lingkungan serta rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH). Salah satu tokoh masyarakat, U.Sudayat mengusulkan program peningkatan kapasitas kelompok pertanian dan perikanan. Ia juga berharap agar PPL Pertanian bisa lebih aktif melakukan pendampingan di Desa Malasari.
musrenbangdesmal-003
Terkait usulan prioritas dari dana pihak ketiga, perwakilan PT Antam, Suwarta mengatakan: “Silakan desa sebelum musrenpong mematangkan rencana usulan. Mari kita bekerjasama mengawal prioritas-prioritas yang kita sepakati.” Mengakhiri pembicaraannya, ia menuturkan: “Kami tidak bisa berjanji, tapi mari kita jalin komunikasi yang lebih baik melalui usaha dan do’a. Merespon pembahasan dari perwakilan PT Antam, Ketua BPD, Rohmat Hidayat mempertanyakan kejelasan pinjaman modal program kemitraan (PK) PT Antam. “Anggaran PK besar, dan Antam pusat menginstruksikan percepatan pencairan dana pinjaman modal bagi masyarakat, namun persyaratan harus benar-benar lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan. Saat in masih dalam proses pengkajian dan evalausi dan penyortiran. Antara jumlah dana yang digelontorkan dengan kapasitas kemampuan pengembalian diupayakan seimbang,” jawab Suwarta. Di akhir pembahasan, moderator musrenbang menyampaikan beberapa catatan hasil musyawarah yang akan diusulkan melalui APBD Kabupaten, antara lain: lanjutan jalan nirmala malasari dan jalan Ciparigi-Nyungcung, peningkatan jalan ke rumah sejarah dan rehab rumah sejarah, peningkatan jalan desa Kopo-Pabangbon, pembangunan jembatan Ciangsana, serta saluran irigasi untuk warga kampung Cimalang dan Legok Jeruk. [UOR]

About desa malasari

Check Also

BRDP-KOPO-002

Buana Raksa Diri Rawat Seni Beladiri Agar Tetap Lestari

[Malasari-malasari.desa.id] Berawal dari keprihatinan akan hilangnya seni dan tradisi beladiri silat tradisional yang diwariskan para …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *