Home / Berita / Akibat Bencana Tanah Amblas, Warga Kp. Sikantor Mengungsi

Akibat Bencana Tanah Amblas, Warga Kp. Sikantor Mengungsi

[Malasari-malasari.desa.id] Tingginya curah hujan yang turun terus menerus mengakibatkan timbulnya bencana di beberapa wilayah di Desa Malasari Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor. Jalan desa di beberapa titik rusak akibat longsor. Bencana alam lainnya terjadi di Kp. Sikantor RT 004 RW 005. Senin malam (02/05) sekitar pukul 20:30 bencana tanah amblas dan tanah retak menimpa warga kampung tersebut.

sikantor-a

Di blok lereng Sikantor tanah amblas terjadi pada daerah budidaya pertanian, perladangan, tanah garapan dan tanah pemukiman penduduk sepanjang kurang lebih 1200 meter, lebar antara 1,5 s.d 2,5 cm, tinggi antara 2,5 cm s.d. 5 cm. Retakan tanah sepanjang sekitar 700 meter menyebabkan retaknya sebagian rumah warga dengan kedalaman 1 s.d. 1,5 meter. Berdasarkan keterangan dari Ketua RW 005, Hariyono, tercatat 24 unit rumah dan 1 unit mushola mengalami rusak ringan. Belum ada hitungan pasti kerugian material akibat bencana tersebut. Sampai saat ini, tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. Khawatir terjadi bencana yang lebih parah, sejumlah warga mengungsi ke rumah sanak saudara mereka di kampung tetangga. Dari jumlah penduduk 60 kepala keluarga dengan 208 jiwa, tercatat 18 KK telah mengungsi ke beberapa kampung terdekat.

sikantor-b

Menanggapi kejadian bencana tersebut, Pemerintah Desa Malasari telah melakukan berbagai upaya antara lain: meninjau lokasi bencana, menghimbau seluruh warga kp. Sikantor untuk selalu waspada dan siaga, mendata warga yang terancam longsor dan mencari lahan untuk relokasi. Demikian diungkapkan E. Sukendar (Kades Malasari) dan Sukandar (Sekdes Malasari), usai meninjau lokasi bencana.

sikantor-c

“Secara lisan, pemerintah desa telah melaporkan peristiwa terjadinya bencana alam di kp. Sikantor kepada pihak-pihak terkait, diantaranya ke Sekretaris Kecamatan Nanggung” ujar Sukandar. “Laporan secara tertulis beserta data pendukungnya secepatnya kami siapkan untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait untuk ditindaklanjuti,” imbuhnya.

sikantor-d

Dalam diskusi dengan Ketua RW 005, Sukandar menghimbau agar pengurus RT dan RW setempat segera mendirikan posko bencana dan terus menjalin komunikasi yang intensif dengan pihak pemdes serta selalu proaktif memonitor perkembangan pasca kejadian bencana dan segera melaporkannya ke pihak pemdes untuk ditindaklanjuti. Pemdes maupun warga setempat berharap setelah laporan kejadian bencana dilaporkan, pihak-pihak terkait yang berwenang segera dapat mengambil kebijakan yang tepat guna menanggulangi kejadian bencana tersebut. [UOR]

About desa malasari

Check Also

musrenbangdesmal-002

Pemdes Malasari Gelar Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2017

[Malasari-malasari.desa.id] Sesuai amanat Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa serta peraturan dan regulasi dibawahnya, Pemerintah …

8 comments

  1. Semoga segera tertangani dan tidak ada korban jiwa. Salut atas kesigapan Pemdes Malasari dan tim IT desanya.

  2. Pemetaan desa menjadi hal sangat penting utk mengetahui kondisi dan jenis tanah, semoga dapt terhindar dari bencana dan tidak menimbulkan korban, dlm upaya pengurangan resiko bencana

    • Betul sekali, sebenarnya kami sudah menyatakan wilayah desa pada tahun 2003, namun belum memetakan perencanaan dan wilayah bencana. Dan pergerakan ini diluar yang kami duga.

  3. Semoga segera diberi solusi permanen

  4. Semoga mendapatkan solusi terbaik…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *