Home / Kabar Desa / Kegiatan PIN Polio 2016 Terlaksana Sesuai Target

Kegiatan PIN Polio 2016 Terlaksana Sesuai Target

[Malasari-malasari.desa.id]– Dalam rangka menyukseskan kegiatan Pekan Imuniasai Nasional (PIN) Polio 2016, di Desa Malasari telah dilaksanakan kegiatan pemberian vaksin polio selama tiga hari. Kegiatan PIN Polio 2016 di Desa Malasari dilakukan oleh bidan desa dan para kader Posyandu yang telah dilatih sebelumnya. Kegiatan dilakukan di beberapa Posyandu yang tersebar di wilayah Desa Malasari.

PIN_POLIO_001

Kegiatan PIN Polio 2016 telah disosialisasikan melalui kegiatan pelatihan kader Posyandu tingkat kecamatan yang diikuti staf desa dan beberapa kader posyandu Desa Malasari. Hasil pelatihan kembali disosialisasikan di tingkat desa oleh Kaur Kesra Desa Malasari, Syamsul Bahri, lewat forum rapat tingkat desa dan oleh para kader posyandu di lingkungan masing-masing. Selain itu sosialisasi dilakukan lewat surat pemberitahuan kepada para RT dan RW yang ada di wiayah Desa Malasari.

Hari pertama PIN Polio 2016 dilaksanakan pada hari Selasa (08/03) secara serentak di beberapa Posyandu di Kp. Nyungcung, Kp. Malasari, KP. Cisangku dan Kp. Sikantor (wilayah RW 002, 001, 005, 006 dan 012). Kegiatan dimulai pukul 09.00 sampai selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan PIN di Kp. Malasari dipusatkan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Malasari. Warga yang memiliki balita dari Kp. Malasari dan kampung-kampung terdekat berduyun-duyun menuju Pustu untuk mengikuti kegiatan PIN Polio. Dari taget 99 orang balita sasaran, 96 (98%) telah mendapatkan layanan vaksin polio. Pada kesempatan itu hadir Ketua Tim Penggerak PKK Desa Malasari, Siti Komaria, yang mewakili Kepala Desa sebagai penanggung jawab kegiatan di tingkat desa.
PIN_POLIO_002
Kegiatan PIN Polio hari kedua dilaksanakan hari Kamis (10/03) di Kp. Pabangbon, Kp. Kopo, Kp. Malani dan Kp. Nirmala (wilayah RW 003, 004, 007 dan 008). Hari ketiga PIN Polio dilaksanakan hari Jum’at (11/03) di Kp. Legok Jeruk, Kp. Citalahab dan Kp. Talahab Kampung (wilayah RW 009, 010 dan 011). Hari Rabu (09/03) tidak dilaksanakan PIN Polio karena bertepatan dengan libur nasional Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938. Hasil kegiatan PIN Polio tiap harinya kemudian langsung dilaporkan ke tim pelaksana tingkat kecamatan.
PIN_POLIO_003
Antusiasme warga untuk mengikuti kegiatan PIN Polio sangat terlihat dari tingkat kehadiran mereka. Sebagian warga telah hadir di lokasi beberapa jam sebelum pelaksanaan kegiatan. Menurut salah seorang dari tim pelaksana kegiatan, Eka Rahmawati, balita sasaran yang belum terlayani karena beberapa alasan akan dilayani melalui penyisiran dan mereka bisa mendatangi rumah bidan desa untuk mendapatkan layanan vaksin polio. (UR)

About desa malasari

Check Also

Akibat Bencana Tanah Amblas, Warga Kp. Sikantor Mengungsi

[Malasari-malasari.desa.id] Tingginya curah hujan yang turun terus menerus mengakibatkan timbulnya bencana di beberapa wilayah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *