Home / Kabar Desa / Dinas ESDM Kabupaten Bogor Lakukan Sosialisasi Program Lisdes 2016

Dinas ESDM Kabupaten Bogor Lakukan Sosialisasi Program Lisdes 2016

[Malasari-malasari.desa.id]– Senin, 15 Februari 2016, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupatn Bogor melaksanakan sosialisasi program Listrik Pedesaan (Lisdes) Tahun 2016 di Desa Malasari. Kegiatan dihadiri perangkat desa, tiga petugas ESDM Kab. Bogor dan para perwakilan penerima manfaat lisdes dari beberapa dusun di wilayah Desa Malasari. Sosialsiasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para pihak tentang pelaksanaan teknis program listrik pedesaan dan masalah yang mungkin terjadi serta solusi alternatif bagi masalah yang akan dihadapi di lapangan.
Lisdes-002
Kepala Desa Malasari, E. Sukendar (Bah Gedhe), menjelaskan bahwa sekitar 85% warga Desa Malasari telah bebas masalah sumber energi listrik. “Di wilayah desa kami, 32 kampung telah dialiri listrik,” ujar Sukendar. Menurutnya, beberapa warga kurang mampu belum memiliki meteran listrik. Melalui program Lisdes 2016 ini ia berharap 15% warga yang masih mengalami masalah kelistrikan bisa ditanggulangi. Pemdes Malasari akan terus melakukan upaya penyisiran dan pendataan warga yang masih mengalami kendala kelistrikan untuk diajukan ke pihak terkait agar nantinya mendapatkan bantuan lisdes pada tahuna anggaran berikutnya.
Lisdes-001
Gandi, salah seorang petugas Dinas ESDM Kab. Bogor menuturkan : “Program listrik pedesaan merupakan program yang dilaksanakan tiap tahun, ditujukan untuk keluarga kurang mampu.” Menurutnya, dari 533 desa di Kabupaten Bogor masih terdapat 34.000 rumah belum teraliri listrik. Berdasarkan hasil beberapa kali survei, ternyata ada 233 rumah yang belum teraliri listrik di Desa Malasari. Semula program lisdes akan didanai APBN, namun karena belum ada slot anggaran, program lisdes tahun 2016 didanai oleh APBD Kabupaten Bogor. Desa Malasari mendapatkan kuota paling banyak untuk program Lisdes 2016. Program Lisdes 2016 sampai saat ini baru pada tahap pendataan dan pelelangan yang akan dilaksanakan bulan Maret-April. Pelaksanaan instalasai akan dilaksanakan selama tiga bulan (April s.d Juni 2016).
Lisdes-003
Tiap rumah akan mendapatkan paket 450 watt dengan sistim pulsa agar tidak terkena kenaikan TDL (Tarif Dasar Listrik) dan pengguna dapat mengontrol pemakaian daya sendiri. Masing-masing akan mendapatkan pemasangan instalasi rumah sebanyak 3 titik lampu, 1 meteran listrik, dan pulsa senilai Rp. 20.000,- supaya bisa langsung digunakan saat instalasi selesai. Pemasangan lisdes bisa dialihkan jika penerima manfaat pindah domisili atau ada penolakan. Jika ada penolakan dari calon penerima manfaat bisa dibuatkan surat keterangan pemindahan konsumen. Fotokopi KTP yang masih berlaku sebagai bukti identitas penerima manfaat wajib disertakan sebagai salah satu syarat mendapatkan manfaat lisdes. Jika calon konsumen belum memiliki KTP bisa menggunakan KTP istri atau anaknya. Syarat lainnya adalah kepemilikan KIS (Kartu Indonesia Sehat). JIka tidak memiliki KIS bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa. Untuk pemasangan di mesjid atau mushola bisa menggunakan KTP pengurus mesjid/mushola. KTP yang masih berlaku selanjutnya diserahkan ke kontraktor untuk didaftarkan ke PLN sebagai konsumen baru.
Dijelaskan lebih lanjut oleh Gandi, terdapat dua kontraktor yang akan menggarap program lisdes, yaitu kontraktor dari pihak Pemda yang akan menggarap instalasi listrik rumah dan dari PLN yang akan menggarap pemasangan kabel sambungan rumah. Masing-masing rumah calon konsumen akan ditempeli sticker sebagai penanda bagi kontraktor pada saat pemasangan dan pemeriksaan pasca instalasi. Ia menghimbau agar dibentuk tim kecil di tingkat RT/RW yang akan membantu mengarahkan kontraktor ke lokasi saat pemasangan dan melakukan koordinasi dengan pihak kontraktor bilamana ada pemasangan yang terlewat serta membantu menyimpan material di tempat yang aman. Tiap rumah akan mendapatkan 15 meter kabel. Jika terdapat kekurangan bisa dilakukan dengan cara ketting dari rumah dengan sambungan pendek. Hal tersebut tidak akan mempengaruhi kulitas daya listrik. Sosialisai diakhiri dengan sesi tanya jawab untuk menemukan solusi terbaik jika terdapat masalaah di lapangan saat pelaksanaan program lisdes.(UR)

About desa malasari

Check Also

Akibat Bencana Tanah Amblas, Warga Kp. Sikantor Mengungsi

[Malasari-malasari.desa.id] Tingginya curah hujan yang turun terus menerus mengakibatkan timbulnya bencana di beberapa wilayah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *