Home / Kabar Desa / Rapat Koordinasi Staf Desa di Awal Tahun 2016

Rapat Koordinasi Staf Desa di Awal Tahun 2016

Rakor-001[Malasari-malasari.desa.id]–Mengawali kegiatan di awal tahun 2016, pemerintah desa Malasari menyelenggarakan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan hari Senin (04/01) di kantor desa Malasari, dihadiri Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD, para Kepala Urusan dan Staf Desa. Rapat koordinasi bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kinerja seluruh perangkat desa tahun sebelumnya dalam empat bidang kegiatan pokok, yaitu penyelengaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu rakor kali ini membahas program dan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan di awal tahun 2016.
Rakor yang dimoderasi Kaur Umum, Nurhasan, dimulai dengan pemaparan singkat mengenai rancangan Peraturan Desa, RPJMDesa, RKPDesa, RKKDesa dan APBDesa yang disampaikan oleh Sekretaris Desa, Sukandar. Mengawali pemaparannya, Sukandar mengajak seluruh perangkat desa untuk berintrospeksi diri masing-masing untuk menakar sejauhmana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan selama tahun 2015. “Sesuai amanat Permendagri No. 113 dan 114, di penghujuang tahun kemarin ini kita sudah bisa menyelesaikan sekitar 80% dokumen berupa draft atau rancangan Perdes dan RPJMDesa Tahun 2016-2020,” ujar Sukandar. “Empat dokumen yang telah kita serahkan masih dalam revisi karena menunggu peniaian dari kecamatan apakah sudah sesuai aturan atau belum,” imbuhnya. Selain itu ia menegaskan pentingnya penyelesaian distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS), laporan akhir tahun dari masing-masing perangkat desa, laporan realisasi APBDesa di semester akhir dan laporan secara umum dalam bentuk LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa).
Rakor-001Ketua BPD, Rohmat Hidayat, pada kesempatan itu hadir untuk memberikan motivasi kepada staf desa dan berpesan agar ada peningkatan baik dalam kinerja kemudian secara pribadi maupun individunya belajar mengetahui, memahami dan melaksanakan tugas dan fungsi masing supaya di tahun 2016 bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dalam segala hal. “Semua yang dipercayakan kepada desa ini berimbas kepada pelayanan kepada masyarakat dan juga ada peningkatan sisi kesejahteraaan di masyarakat. Itu tugas dan fungsi kita sebetulnya,” kata Rohmat. Ia berharap program yang telah dicanangkan dan dilaksanakan tahun sebelumnya, seperti IP4T bisa menjadi prioritas dan dilaksankan secara lebih spesifik sambil menunggu perubahan kebijakan pemerintah. Menurutnya, dari sisi pengembangan ekonomi dan pendidikan Desa Malasari masih terbentur soal lahan. Untuk itu, dalam penyusunan RAPBDes dimasukkan anggaran untuk pendataan dan perizinan soal pertanahan.
Kaur Kesra, Syamsul Bahri, menyampaikan kendala teknis dan non-teknis menyangkut pelayanan kesra khususnya menyangkut pendistribusian KIS dan penerima PKH. Selanjutnya Kaur Ekbang melaporkan realisasi pembangunan fisik Desa Malasari Tahun 2016. Kemudian Kaur Pemerintahan, Kono Suhendar, melaporkan data kependudukan secara umum dan menjelaskan kendala yang dihadapai terkait pendataan kependudukan. “Desa Malasari mendapatkan KIS dalam tiga gelombang, sebanyak 3000 lebih kartu KIS dan kemungkinan berkurang setelah divalidasi,” jelas Syamsul. “KIS sudah kita distribusikan sebanyak 70%, sisanya akan diselesaikan dalam minggu ini,” imbuhnya. Menurutnya, kendala yang dihadapi antara lain si penerima KIS meninggal, pindah alamat dan kekurangan administrasi kependudukan seperti KTP dan KK.
Pada akhir rakor disepakati bahwa penyelesaian dokumen RPJMDesa, RKPDesa, RKKDesa dan APBDesa menjadi prioritas di dua pekan pertama bulan Januari. Selain itu laporan tahunan seluruh staf desa dan pembebasan lahan HGU untuk warga Kp. Citalahab dan Legok Jeruk menjadi prioritas kegiatan di pekan ketiga dan keempat bulan Januari 2016. Untuk persiapan pembebasan tanah HGU untuk warga di kedua kampung tersebut pemdes akan membentuk tim dan akan segera melakukan sosialisasi ke masyarakat pertengahan bulan Januari ini.

About desa malasari

Check Also

Akibat Bencana Tanah Amblas, Warga Kp. Sikantor Mengungsi

[Malasari-malasari.desa.id] Tingginya curah hujan yang turun terus menerus mengakibatkan timbulnya bencana di beberapa wilayah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *