Home / Berita / Pasukan KOPASUS Kembali Beraksi di Jum’at Pagi

Pasukan KOPASUS Kembali Beraksi di Jum’at Pagi

Ponpes Al-Hakim Malasari
Rancang Bangun Pondok Pesantren Al-Hakim di Desa Malasari Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor

Malasari-malasari.desa.id.– Setiap hari Jum’at pagi, sejumlah warga Desa Malasari yang berasal dari kp. Malasari dan sekitarnya melaksanakan kerja gotong royong membantu para pekerja membangun majlis dan asrama pondok pesantren Al-Hakim yang berlokasi di Kp. Malasari Desa Malasari Kec. Nanggung Kab. Bogor. Warga Malasari kini patut berbangga diri dengan dibangunnya infrastruktur pendidikan yang didanai swadaya murni tersebut. Pembangunan pondok pesantren telah dilaksanakan sejak awal Februari tahun 2015 dan masih berlangsung hingga sekarang. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh E. Sukendar, Kepala Desa Malasari, beserta tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Majlis Taklim Ponpes Al-Hakim dalam Proses PengerjaanTerlaksananya pembangunan tersebut berkat kerjasama berbagai pihak yang peduli terhadap kemajuan pendidikan di Desa Malasari, terutama berkat andil besar H. E. Hidayat, yang akrab dipanggil Haji Enday, tokoh masyarakat yang juga pengusaha setempat. Bangunan yang tengah dalam proses pengerjaan yaitu rumah untuk pengasuh pondok pesantren, asrama santri putra putri, masjil ta’lim, dan madrasah. Bangunan tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat pertemuan warga, kegiatan belajar mengajar madrasah diniyah awwaliyah takmiliyah dan pengajian santri pondok pesantren serta kegiatan lain yang bermanfaat bagi warga. Sebagai pelengkap, dibangun pula sejumlah WC dan sarana air bersih berupa sumur bor dengan tanki berkapasitas 1000 liter.

Dengan dimulainya pembangunan ponpes tersebut, warga secara sukarela membentuk pasukan khusus gotong royong (korpe) yang dilaksankakan tiap hari Jum’at pagi yang dimotori ketua pelaksana pembangunan, Yoyo Sutiryo, yang juga berperan sebagai komandan Kopasus (Korpe Pagi Khusus) dan dibantu para komandan regu (danru) yang terdiri dari ketua RW dan para ketua RT. Anggota kopasus terdiri dari penduduk dari ragam usia, dari mulai remaja sampai manula. Mereka secara rutin bahu membahu bergotong royong membantu proses pembangunan majlis dan asrama pondok pesantren dari mulai penggalian pondasi, pengumpulan serta pengangkutan material bahan bangunan, pengecoran, dan lain-lain. Selain sumbangsih berupa tenaga, warga juga menyumbangkan sebagian material bangunan yang diperlukan, seperti bambu, dll.

Sebagian Anggota Kopasus (Korpe Pagi Khusus) Sedang Mengerjakan Pekerjaan Galian dan Urugan
Sebagian Anggota Kopasus (Korpe Pagi Khusus) Sedang Mengerjakan Pekerjaan Galian dan Urugan

Seperti biasanya, pada Hari Jum’at pagi, tanggal 15 Mei 2015, pasukan Kopasus kembali beraksi melakukan kerja bareng menyelesaikan pekerjaan urugan asrama santri putra dan putri pondok pesantren. Mereka membawa peralatan yang diperlukan, seperti cangkul, garpu, parang, dan karung. Mereka bekerja mulai pukul 07.00 sampai pukul 10.30. Hadir pula pada kesempatan itu, Ust. Ramin, Ketua MUI Desa Malasari, yang giat memimpin pekerjaan urugan dan penggalian lahan untuk lubang septic-tank. Saat diajak berbincang sewaktu istirahat, Ust. Ramin mengatakan : “Dalam melakukan gotong royong yang penting kita harus ‘ngeureuyeuh nikreuh’ (baca: berkesinambungan dan bekerja secara teratur)”. “Selain melakukan kewajiban sebagai warga, dengan korpe kita juga sekaligus melakukan olahraga”, ujar Ahyar, salah seorang warga yang aktif dalam pasukan kopasus.

Setelah kegiatan berlangsung selama kurang lebih tiga jam, warga beristirahat dan berangsur pulang untuk bersiap-siap melaksanakan ibadah shalat Jum’at. Biasanya, sebelum acara khutbah Jum’at dimulai, panitia pelaksana menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang telah memberikan bantuan berupa tenaga, pikiran serta harta mereka. Pada kesempatan tersebut, panitia juga mengajak warga untuk melakukan kerja gotong royong pada kesempatan Jum’at yang akan datang.

About desa malasari

Check Also

musrenbangdesmal-002

Pemdes Malasari Gelar Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2017

[Malasari-malasari.desa.id] Sesuai amanat Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa serta peraturan dan regulasi dibawahnya, Pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *