Home / Kabar Desa / Perayaan HUTKEMRI ke-69 di Desa Malasari

Perayaan HUTKEMRI ke-69 di Desa Malasari

Kepala Desa Malasari Bertindak Selaku Inspektur pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-69 Tahun 2014
Kepala Desa Malasari Bertindak Selaku Inspektur pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-69 Tahun 2014

Malasari  – Setengah abad lebih (17 Agustus 1945), Negara Kesatuan Republik Indonsia telah memproklamasikan kemerdekaannya ke segenap penjuru dunia, memulai tahapan baru sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat menuju cita-cita negara yang adil dan makmur. Salah satu wujud rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan bangsa dan dianugerahkan Tuhan YME kepada bangsa ini adalah melalui tradisi ketatanegaraan peringatan hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus.

Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Sukandar, Seketaris Desa Malasari
Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Sukandar, Seketaris Desa Malasari

Pada hari Minggu (17/08/2014), di pagi yang sangat cerah, warga desa Malasari melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 di halaman kantor desa. Upacara diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, yaitu aparatur pemerintahan desa, tokoh masyarakat, para pelajar, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, para pendekar silat, serta ratusan warga desa Malasari dari berbagai kampung. Pada kesempatan itu, E. Sukendar, Kepala Desa Malasari, bertindak selaku inspektur upacara dan menyampaikan amanat Bupati Kabupaten Bogor. Upacara dipimpin Yoyo Sutiryo, salah seorang tokoh masyarakat. Sedangkan Pembukaan UUD 1945 dibacakan Sukandar, Sekretaris Desa, dan Teks Proklamasi oleh Suryana Kusmayadi, salah seorang tenaga pendidik di SDN Malasari 01.

Peserta Upacara HUT Kemri ke-69 Desa Malasari dari Beragam Elemen Masyarakat
Peserta Upacara HUT Kemri ke-69 Desa Malasari dari Beragam Elemen Masyarakat

Untuk memeriahkan HUT Kemerdekan RI ke-69 di Desa Malasari, panitia berkolaborasi dengan mahasiswa peserta KKN Cita 2014 menggelar pesta rakyat berupa serangkaian acara yang menarik. Berbagai lomba dan permainan tradisional rakyat dengan hadiah yang cukup menarik diselenggarakan untuk warga dari berbagai usia. Pertunjukan seni tari dan nyanyian tradisional serta demonstrasi kebolehan para pendekar silat tradisional Pendekar Jalak Banten merupakan hiburan yang sangat menyedot perhatian warga. Kegembiraan warga dilengkapi dengan tontonan lomba panjat pinang.

“Melalui rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI ini diharapkan patritiotisme warga tetap terpelihara”, Sukandar (45 th), Sekdes Malasari menjelaskan.

Ia menambahkan bahwa kegiatan semacam ini akan menjadi momentum kebangkitan warga desa dalam upaya memelihara tradisi dan kearifan lokal yang telah diwariskan para leluhur sebagai bekal mengisi kemerdekaan.

About desa malasari

Check Also

Akibat Bencana Tanah Amblas, Warga Kp. Sikantor Mengungsi

[Malasari-malasari.desa.id] Tingginya curah hujan yang turun terus menerus mengakibatkan timbulnya bencana di beberapa wilayah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *